Konsep Rumah Minimalis Tidak Paten

Pameran Kreativitas Tak Berbatas yang merupakan acara puncak dari Sayembara Desain Rumah ini tidak hanya menampilkan hasil karya para finalis sayembara tapi juga ada diskusi arsitektur dengan para pakar. Diskusi ini mampu membuka mata bahwa konsep rumah di Indonesia belum jelas.

Salah satu jenis konsep yang sempat diangkat adalah konsep minimalis. Konsep minimalis di Indonesia belum bisa dipatenkan karena munculnya konsep tersebut justru berasal dari para developer bukan dari para arsitek.

Hal ini disampaikan oleh pengasuh Architerian Forum, Dwi Admoko Adi, ketika acara ngobrol bareng Adi Purnomo dan Architerian Forum yang berlangsung di Grand Indonesia, Jakarta, Jumat (5/3/2010).

“Saya sendiri juga bingung sebenarnya konsep minimalis di Indonesia itu seperti apa. Karena kalau menurut saya, seorang arsitek, konsep minimalis di Indonesia justru malah materialistis. Semua ornamen ditambahkan,” ujar pria yang akrab disapa mas Aad ini.

Konsep minimalis memang beragam di Indonesia. Rumah serba putih bisa dikatakan sebagai rumah dengan konsep minimalis. Namun, saat developer membuat rumah dengan bermacam ornamen dan dinamai konsep minimalis, orang pun akan latah menyebut konsep rumah itu minimalis. “Konsep minimalis itu sebenarnya yang menentukan pasar, bukan kita (arsitektur). Jadi, tidak pola khusus.” tambah Aad.

Sumber: Kompas.com

About abaslessy

nandas
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s